IN MY HEAD: ?

Sunday, December 19, 2010

Imam Muslim

Penghimpun dan penyusun hadits terbaik kedua setelah Imam Bukhari adalah Imam Muslim. Nama lengkapnya ialah Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz al-Qusyairi an-Naisaburi. Ia juga mengarang kitab As-Sahih . Ia salah seorang ulama terkemuka yang namanya tetap dikenal hingga kini. Ia dilahirkan di Naisabur pada tahun 206 H. menurut pendapat yang sahih sebagaimana dikemukakan oleh al-Hakim Abu Abdullah dalam kitabnya ‘Ulama’ul-Amsar.

40164_1592249812145_1412898446_31593656_4008318_n

Kehidupan dan Lawatannya untuk Mencari Ilmu

Ia belajar hadits sejak masih dalam usia dini iaitu mulai tahun 218 H. Ia pergi ke Hijaz Irak Syam Mesir dan negara-negara lainnya.

Dalam lawatannya Imam Muslim banyak mengunjungi ulama-ulama kenamaan untuk berguru hadits kepada mereka. Di Khurasan ia berguru kepada Yahya bin Yahya dan Ishak bin Rahawaih; di Ray ia berguru kepada Muhammad bin Mahran dan Abu ‘Ansan. Di Irak ia belajar hadits kepada Ahmad bin Hambal dan Abdullah bin Maslamah; di Hijaz belajar kepada Sa’id bin Mansur dan Abu Mas’Abuzar; di Mesir berguru kepada ‘Amr bin Sawad dan Harmalah bin Yahya dan kepada ulama ahli hadits yg lain.

Muslim berkali-kali mengunjungi Baghdad utk belajar kepada ulama-ulama ahli hadits dan kunjungannya yg terakhir pada 259 H. di waktu Imam Bukhari dating ke Naisabur Muslim sering datang kepadanya untuk berguru sebab ia mengetahui jasa dan ilmunya. Dan ketika terjadi fitnah atau kesenjangan antara Bukhari dan Az-Zihli ia bergabung kepada Bukhari sehingga hal ini menjadi sebab terputusnya hubungan dengan Az-Zihli. Muslim dalam Sahihnya mahupun dalam kitab lainnya tidak memasukkan hadits-hadits yang diterima dari Az-Zihli padahal ia adalah gurunya. Hal serupa ia lakukan terhadap Bukhari. Ia tidak meriwayatkan hadits dalam Sahihnya yang diterimanya dari Bukhari padahal ia pun sebagai gurunya. Nampaknya pada hemat Muslim yang lebih baik adalah tidak memasukkan ke dalam Sahihnya hadits-hadits yang diterima dari kedua gurunya itu dengan tetap mengakui mereka sebagai guru.

Wafatnya

Imam Muslim wafat pada Minggu sore dan dikebumikan di kampung Nasr Abad salah satu daerah di luar Naisabur pada hari Senin 25 Rajab 261 H. dalam usia 55 tahun.

Guru-gurunya

Selain yang telah disebutkan di atas Muslim masih mempunyai banyak ulama yang menjadi gurunya. Di antaranya Usman dan Abu Bakar keduanya putra Abu Syaibah; Syaiban bin Farwakh Abu Kamil al-Juri Zuhair bin Harb Amr an-Naqid Muhammad bin al-Musanna Muhammad bin Yassar Harun bin Sa’id al-Ayli Qutaibah bin Sa’id dan lain sebagainya.

Keahlian dalam Hadits

Apabila Imam Bukhari merupakan ulama terkemuka di bidang hadits sahih berpengetahuan luas mengenai ilat-ilat(hadis yang ada masalah) dan seluk-belok hadits serta tajam kritiknya maka Imam Muslim adalah orang kedua setelah Imam Bukhari baik dalam ilmu dan pengetahuannya mahupun dalam keutamaan dan kedudukannya.

Imam Muslim banyak menerima pujian dan pengakuan dari para ulama ahli hadits mahupun ulama lainnya. Al-Khatib al-Baghdadi berkata “Muslim telah mengikuti jejak Bukhari memperhatikan ilmunya dan menempuh jalan yg dilaluinya.” Pernyataan ini tidak berarti bahwa Muslim hanyalah seorang pengekor. Sebab ia mempunyai ciri khas dan karakteristik tersendiri dalam menyusun kitab serta metode baru yang belum pernah diperkenalkan orang sebelumnya.

Abu Quraisy al-Hafiz menyatakan bahwa di dunia ini orang yang benar-benar ahli di bidang hadits hanya empat orang; salah satu di antaranya adalah Muslim . Maksud perkataan tersebut adalah ahli-ahli hadits terkemuka yang hidup di masa Abu Quraisy sebab ahli hadits itu cukup banyak jumlahnya.

Karya-karya Imam Muslim

Imam Muslim meninggalkan karya tulis yg tidak sedikit jumlahnya di antaranya
Al-Jami’ as-Sahih .
Al-Musnadul Kabir .
Kitabul-Asma’ wal-Kuna.
Kitab al-’Ilal.
Kitabul-Aqran.
Kitabu Su’alatihi Ahmad bin Hambal.
Kitabul-Intifa’ bi Uhubis-Siba’.
Kitabul-Muhadramin.
Kitabu man Laisa lahu illa Rawin Wahid.
Kitab Auladis-Sahabah.
Kitab Awhamil-Muhadditsin.

Kitab Sahih Muslim

Di antara kitab-kitab di atas yang paling agung dan sangat bermanfat luas serta masih tetap beredar hingga kini ialah Al-Jami’ as-Sahih terkenal dengan Sahih Muslim. Kitab ini merupakan salah satu dari dua kitab yang paling sahih dan murni sesudah Kitabullah. Kedua kitab Sahih ini diterima baik oleh segenap umat Islam.

Imam Muslim telah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk meneliti dan mempelajari keadaan para perawi menyaring hadits-hadits yg diriwayatkan membandingkan riwayat-riwayat itu satu sama lain. Muslim sangat teliti dan hati-hati dalam menggunakan lafaz-lafaz dan selalu memberikan isyarat akan adanya perbedaan antara lafaz-lafaz itu. Dengan usaha yang sedemikian rupa maka lahirlah kitab Sahihnya.

Bukti konkrit mengenai keagungan kitab itu ialah suatu kenyataan di mana Muslim menyaring isi kitabnya dari ribuan riwayat yang pernah didengarnya. Diceritakan bahwa ia pernah berkata “Aku susun kitab Sahih ini yang disaring dari 300.000 hadits.”

Diriwayatkan dari Ahmad bin Salamah yang berkata “Aku menulis bersama Muslim untuk menyusun kitab Sahihnya itu selama 15 tahun. Kitab itu berisi 12.000 buah hadits.

Dalam pada itu Ibn Salah menyebutkan dari Abi Quraisy al-Hafiz bahwa jumlah hadits Sahih Muslim itu sebanyak 4.000 buah hadits. Kedua pendapat tersebut dapat kita kompromikan yaitu bahwa perhitungan pertama memasukkan hadits-hadits yang berulang-ulang penyebutannya sedangkan perhitungan kedua hanya menghitung hadits-hadits yg tidak disebutkan berulang.

Imam Muslim berkata di dalam Sahihnya “Tidak tiap hadits yang sahih menurutku aku cantumkan di sini yakni dalam Sahihnya. Aku hanya mencantumkan hadits-hadits yg telah disepakati oleh para ulama hadits.”

Imam Muslim pernah berkata sebagai ungkapan gembira atas karunia Tuhan yang diterimanya “Apabila penduduk bumi ini menulis hadits selama 200 tahun maka usaha mereka hanya akan berputar-putar di sekitar kitab musnad ini.”

Ketelitian dan kehati-hatian Muslim terhadap hadits yang diriwayatkan dalam Sahihnya dapat dilihat dari perkataannya sebagai berikut “Tidaklah aku mencantumkan sesuatu hadits dalam kitabku ini melainkan dengan alasan; juga tiada aku menggugurkan sesuatu hadits daripadanya melainkan dengan alasan pula.”

Imam Muslim di dalam penulisan Sahihnya tidak membuat judul tiap bab secara terperinci. Adapun judul-judul kitab dan bab yang kita dapati pada sebagian naskah Sahih Muslim yang sudah dicetak sebenarnya dibuat oleh para pengulas yang datang kemudian. Di antara pengulas yang paling baik membuatkan judul-judul bab dan sistematika babnya adalah Imam Nawawi dalam Syarahnya.

Sumber Kitab Hadis Sahih yang Enam Muhammad Muhammad Abu Syuhbah Al-Islam Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia

sumber file al_islam.chm

Waallahualam.

14 comments:

Unknown said...

2015-6-1 zhengjx
kate spade
burberry outlet
pandora jewelry
gucci outlet
kate spade outlet
tory burch handbags
polo ralph lauren
ray ban sunglasses
ralph lauren outlet
michael kors handbag
michael kors
cheap ray ban sunglasses
coach outlet store online
ray ban uk
oakley sunglasses
coach outlet online
chanel bags
tory burch outlet online
michael kors
oakley sunglasses wholesale
michael kors handbags
ralph lauren uk
burberry sale
kate spade handbags
oakley sunglass
soccer jerseys
michael kors outlet
ray ban outlet
chanel online shop
cheap jordans

Unknown said...

shijun 6.24
michael kors
cheap jerseys
louis vuitton
hogan outlet
hollister co
chanel bags
polo ralph lauren outlet
abercrombie
louis vuitton outlet
michael kors outlet online
true religion outlet
cheap toms
ralph lauren outlet online
michael kors purse
adidas running shoes
tods shoes outlet
michael kors outlet
louis vuitton outlet
louis vuitton
air jordan 4
true religion sale
pandora bracelets
jordan 11s
abercrombie
toms promo code
fitflops
abercrombie kids
coco chanel
michael kors
burberry outlet online
chanel handbags
ray ban outlet store
oakley vault
kate spade totes
christian louboutin outlet
oakley sunglasses
mulberry bags
tods sale
michael kors outlet online
hollister clothing store

Unknown said...

201578dongdong
coach factory outlet online
michael kors handbags
ray ban sunglasses
timberland boots
michael kors handbags
chanel handbags
oakley vault
jordan shoes
michael kors outlet
louis vuitton handbags
celine
coach
lebron james shoes
tods shoes
true religion
abercrombie fitch
michael kors outlet online
louis vuitton handbags
coach outlet
oakley galsses
jordan pas cher homme
jordan 11 gamma blue
pandora charms
oakley sunglasses wholesale
cheap nfl jerseys
jordan 11 gamma blue
oakley sunglasses cheap
michael kors outlet online
abercrombie and fitch new york
louis vuitton outlet
ray ban glasses
cheap lululemon
coach outlet store online
ralph lauren polo shirts
sac longchamp
oakley sunglasses wholesale
tory burch outlet online
chi flat iron

Unknown said...

shijun 7.23
air max shoes
hollister co
louis vuitton handbags
retro jordan
gucci bags
hollister clothing store
louis vuitton handbags
toms wedges
lebron 10
insanity workout
michael kors outlet
ray bans
louis vuitton
jordan shoes
coach outlet
jordan 6 retro
true religion jeans
michael kors outlet online sale
hollister kids
ray ban sunglasses
louis vuitton outlet
ghd straighteners
coach outlet
coach outlet
cheap ray ban sunglasses
louis vuitton uk outlet
pandora bracelets
cheap jerseys
louis vuitton handbags
abercrombie and fitch outlet
michael kors handbags
air max 95
timberland uk
jordan 3 infrared
abercrombie store
louis vuitton
gucci bags
jordan 3 white cenment
abercrombie & fitch
chanel outlet

Michael Kors Handbags said...

ED Hardy Outlet http://www.edhardypopsale.com/

Michael Kors Outlet http://www.michaelkors--outlets.us.com/

Coach Outlet http://www.coachoutletweb.us.com/

Kate Spade Outlet http://www.katespadeoutletsstore.us.com/

Cheap Jordans http://www.cheapairjordans.us.com/

Michael Kors Outlet Store http://www.michaelkorsoutletsstores.us.com/

Coach Handbags http://www.coachoutlet-online.us.org/

Coach Factory http://www.coachoutletsonlinestore.us.com/

Oakley Sunglasses http://www.oakleyglassesoutlets.us.com/

Tory Burch Outlet http://www.toryburch-outlet.us.org/

Longchamp Handbags http://www.longchamp-outlet.us.com/

Louis Vuitton Outlet http://www.pagina16.com/

Michael Kors Handbags http://www.innnov8.com/

Coach Outlet http://www.innnovate.com/

UGG Boots http://www.uggbootsstores.com/

Red Bottom Shoes http://www.redbottomshoeoutlet.com/

Moncler Jackets http://www.monclerjacketsblackfriday.com/

North Face Outlet http://www.northfaceoutletblackfriday.com/

Kate Spade Black Friday http://www.katespadeoutletblackfriday.com/

Moncler Outlet http://www.monclerjacketsoutlet.com.co/

Coach Factory http://www.maganates.com/

Coach Handbags http://www.coachhandbagsblackfriday.com/

Kate Spade Outlet http://www.outletskatespade.com/

North Face Jackets http://www.northfacejacketsinc.com/

chenlina said...

chenlina20151120
ugg boots
uggs for men
tory burch sale
uggs outlet
uggs outlet
canada goose jackets
michael kors outlet online
gucci outlet
louis vuitton
cheap ray ban sunglasses
cheap jordans
canada goose jackets
coach outlet
tod's shoes
nike huarache
timberland outlet
chanel bags
cheap ugg boots
cheap oakley sunglasses
coach factory outlet
cheap ugg boots
michael kors outlet online
coach outlet store online
lebron shoes
ugg boots
michael kors handbags
women ugg boots
michael kors outlet
louis vuitton handbags
oakley sunglasses
louis vuitton
christian louboutin
coach outlet store online
soccer shoes
gucci handbags
louis vuitton handbags
ralph lauren outlet
michaek kors handbags
ugg boots for men
hermes birkin
as

Anonymous said...

suisse anti aging serum wrinkles, collections and wrinkles and dark areas. Get enough rest. A standard 8 time of rest is necessary to make use of work out and rest our bodies and thoughts, after a whole day's perform. When you are sleeping, your entire body system lowers its risk of heart disease, repairs tissues as well as increases http://renovocremefacts.com/suisse-anti-aging-serum/

Anonymous said...

This nutrient is the key to human body developing so you have to get pro muscle fit enough of it. Good sources of proteins consist of egg, whey powder, poultry, tuna seafood, salmon, milk, nut products.

http://powerpumpxladvice.com/pro-muscle-fit/

testoboostpro1234578 said...

estrogen in various sorts estrogen and estrogen makes those tissues more grounded yet it's not just arranged on the other est. territories yet to make this estrogens we need a particularly mineral ice devour less calories this is to a great degree nourishing herbal blends offer us the dentures some testoboost pro

http://powerpumpxladvice.com/testoboost-pro/

Unknown said...

If it has endured the marketplace more than several decades. Then it's probably safe and effective. The following products have been around for a while and their claims have been confirmed by reputable research and demonstrated outcomes by bodybuilders suisse anti aging serum


http://renovocremefacts.com/suisse-anti-aging-serum/

Unknown said...

Development are unsaturated body fat. This excellent body fat (also known as important fatty acids) can offer your human body with energy while also regulating metabolic procedure and maintaining appropriate hormone production. Naturally your human body cannot produce these.

http://muscle-growthhelp.com/

Unknown said...

Need to look at the normal begin for cubes from aspect from who to my own so scenario the table so we have to keep you recognizable gay the cubicle 27 other than a you have four five six seven this beautiful so exclusive.

http://checkbinary.com/

Unknown said...

Results. What does it mean to be a Network Marketer? I ask this because it seems like understanding this implies either feast or famine for you. Here's why: When you get into anything and anticipate being successful at it, you really have to know what you’re doing and what it's all about. They have to know everything there is to know about their profession. Yes, they have to be .

http://checkbinary.com/

Cara Menyembuhkan Nyeri Punggung said...

This information is very useful. thank you for sharing. and I will also share information about health through the website
Pengobatan Alami untuk Tipes
Cara Mengobati Kuku Cantengan
Solusi atasi sakit kepala Vertigo
Cara Menyembuhkan Sakit Maag Kronis
Cara Menghilangkan Stretch mark
Cara Mengobati Epilepsi

Post a Comment

Salam.. Chat.


ShoutMix chat widget

Followers

As-Syahid Izzuddin Al-Qassam (1871 - 20 Nov 1935)

Nama sebenar beliau adalah Muhammad Izzuddin Abdul Qadir Mustafa Al-Qassam. Lahir di daerah Al-Ladziqiyyah, Syria Selatan. Masuk ke Al-Azhar sekitar tahun 1906 pada usia 14 tahun. Sempat berguru dengan Sheikh Muhammad Abduh dan berteman dengan Sheikh Rasyid Redho. Ketika penjajahan kuffar di Libya pada 1911, beliau turut memobilisasi senjata dan para mujahid untuk turun ke Libya. Setiap operasi jihad yang dipimpin oleh beliau di Palestin membuahkan kejayaan besar yang menakutkan Inggeris yang menjajah Palestin saat itu. Beliau syahid dalam satu pertempuran dahsyat di Kota Jenin, bersama 10 orang mujahid yang digempur dengan ratusan pasukan Inggeris yang menggunakan helikopter. Kini, nama beliau disematkan kepada sayap ketenteraan Hamas iaitu Brigade As-Syahid Izzuddin Al-Qassam yang sering dikenal dengan aksi-aksi pelancaran roket Al-Qassam dan operasi Amaliyyah Al-Istisyhadiyyah. 


My News

islamiconlineuniversity.com

Learn How to give Dawah

Alafasy Quran TV - Syeikh Misyari Rasyid Al-Afasy

Radio Rodja - Menebar Cahaya Sunnah - Kuliah Hadist

Iklan Nuff